Pertanyaan
BAB 1
1. Kapan komputer
pribadi muncul untuk yang pertama kalinya?
Jawab :
Komputer pribadi muncul pertama
kali sejak pertengahan tahun 1950-an
2. Apakah spesialis
informasi itu? Berikan empat contoh.
Jawab :
Spesialis informasi (information specialist) karyawan yang
memiliki tanggung jawab penuh dalam pengebangan dan pengoperasian sistem
informasi. Contoh: Analis sistem, Pemrogram (programmer), Spesialis jaringan
dan Webmaster.
3. Apa fungsi utama
tari CPU dan RAM?
Jawab :
CPU : Mengendalikan seluruh komponen lain
RAM: Bertindak sebagai tempat kerja sementara bagi CPU
4. Mengapa kecepatan
komunikasi sebuah modem kabel berbeda dengan kecepatan sebuah modem tradisional
yang tersambung ke jalur telepon?
Jawab :
Dari computer ke computer lain mencapaiSedangkan computer
nirkabel kecepatannya mencapai 11 juta bit/ detik (11 Mbps) atau bisA juga
mencapai 54 Mbps
5. Berapakah kecepatan
transmisi data yang dapat Anda harapkan untuk komunikasi langsung
komputer-ke-komputer? Berapakah kecepatan transmisi yang umumnya Anda temukan
untuk komunikasi komputer nirkabel?
Jawab :
untuk modem yang tersambung ke jalur
telepon dengan kecepatan 56.000 bit/detik(56 kbps),sedangkan untuk jaringan
nirkabel biasanya 54 kbps – 110 kbps
6. Apakah komputer
merupakan sebuah sistem virtual, sistem fisik, atau keduanya? Jelaskan.
Jawab :
Keduannya, karena Komputer adalah
sebuah fisik yang bisa sistem konseptual dimana sistem itu bisa membantu untuk
mendapatkan informasi untuk menghasilkan suatu keputusan.
7. Dalam hal apakah
sebuah computer merupakan suatu sistem yang terbuka?
Jawab:
dalam hal pengaksesan informasi dengan
komputer yang terhubung ke jaringan internet sebagai user dapat mengupload dan
mendownload sebagai macam data dan informasi
8. Apakah sistem
pemrosesan transaksi menghasilkan informasi atau data? Jelaskan.
Jawab:
informasi data adalah masukan yang
mengalami suatu pemprosesan dan diolah sedemikian rupa sehingga dapat
menghasilkan informasi adalah data hasil pemprosesan yang memiliki makna.
9. Dimanakah lokasi
para pengguna sistem pemrosesan transaksi di dalam organisasi. Apakah mereka
berada di atas, tingkat menengah, atau di bawah?
Jawab:
Penggunaan sistem informasi (SI) dan teknologi informasi (TI) oleh usaha
kecil menengah (UKM) menjangkau institusi yang berada jauh di
luar organisasi.
10. Bedakanlah antara
laporan berkala dan laporan khusus?
Jawab:
Laporan
berkala atau periodik di laksanakan secara tetap dan teratur dalam waktu
tertentu, misalnya setiap minggu, setiap bulan, setiap caturwulan. Sedangkan
laporan khusus memberikan gambaran secara rinci mengenai segi khusus, kekhususan
ini dibedakan atas periode, wilayah atau sasaran yang di laporkan.
11. Bagaimana cara
sistem produktivitas pribadi membuat seorang manajer menjadi lebih efisien?
Jawab :
Dengan system produktifitas pribadi, menejer dapat
melakukan pengelolaan sendiri atas sebagian tugas- tugas administratif, hal ini
menghilangkan gangguan – gangguan yang tidak perlu pada komunikasi antara
meneger dan pihak lain. Misalnya saja, menejer dapat dengan cepat berkomunikasi
melalui email dan daftar distribusi dari pada mendiktek sebuah memo, meminta
orang lain mengetiknya, memeriksa kesalahan memo tersebut dan mengirimkan memo
tersebut kepihak lain.
12. Dimanakah letak
perbedaan fokus suatu DSS dari SIM?
Jawab :
DSS mengambil pendekatan jarak jauh dalam memecahkan
masalah, sedangkan SIM mengambil pendekatan jarak dekat dengan memberikan
informasi bagi sekelompok besar pencari pemecahan masalah dalam memecahkan
rentang masalah yang luas.
13. Mengapa sistem
pendukung keputusan kelompok penting artinya?
Jawab :
Fakta yang terjadi, menejer jarang memecahkan masalah
sendirian, berbagai komite, tim proyek dan satuan tugas merupaka contoh
pendekatan kelompok terhadap pemecahan masalah. Asumsinya, komunikasi yang baik
dalam kelompok ini tentunya akan menghasilkan keputusan yang baik juga. GDSS
(Group decision support system ) membantu pemecahan masalah dengan cara
menyediakan lokasi yang kondusif untuk komunikasi antar individu dalam
kelompok.
14. Mengapa perencanaan
memiliki kemungkinan lebih besar terjadi pada tingkat manajemen yang lebih tinggi
dan pengendalian kemungkinan terjadi pada tingkat manajemen yang lebih rendah?
Apakah hal ini mempengaruhi jenis sistem informasi yang dibuat untuk berbagai
tingkatan manajemen?
Jawab :
Keputusan dalam perencanaan strategis memiliki dampak pada
keseluruhan organisasi selama bertahun-tahun kemudian. Untuk itu tentunya
keputusan ini harus di buat oleh menejemen yang lebih tinggi yang membawahi
menejer-menejer di tingkat yang lebih rendah. Menejer pada tingkat yang lebih
rendah memiliki tanggung jawab untuk menjalankan rencana, memastikan
tercapainya tujuan perusahaan dan menyelesaikan rencana yang ditentukan oleh
menejer di tingkat yang lebih tinggi, setiap tingkatan menejemen memiliki
kebutuhan yang berbeda akan sumber informasi dan bentuk penyajian informasi.
Hal ini mempengaruhi jenis system informasi yang dibuat karna system tersebut
akan mempengaruhi sumber informasi dan penyajian informasi.
15. Mengapa perusahaan
khususnya tertarik pada sistem-sistem perencanaan sumber daya usaha di akhir
tahun 1990? Apakah ketertarikan-ketertarikan itu masih valid?
Jawab :
Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya
adalah masalah Y2K kesulitan dalam mendapatkan system yang meliputi keseluruhan
usaha, membanjirnya aktivitas penggabungan usaha korporasi dan strategi
kompetitif “meniru pimpinan”. Namun yang menjadi kekuatan pendorong
implimintasi piranti lunak perencanaan sumber daya perusahaan adalah Y2K,
terbukti dengan terjadinya penurunan tingkat pertumbuhan penjualan di tahun
1999. Sehingga ketertarikan pada system perencanaan sumber daya usaha
sepertinya tidak valid lagi. Di tambah lagi system perencanaan sumber daya
usaha membutuhkan komitmen keuangan yang sangat besar dari suatu perusahaan.
16. Sebutkan lima fungsi
manajemen utama seperti yang diuraikan oleh Henri Fayol.
Jawab :
1) Perencanaan
(Planning) :Merencakan apa yang akan dilakukan
2) Pengorganisasian
(Organizing):Berorganisasi untuk menjalankan rencana
3) Personalia
(Staffing):Mengisi organisasi dengan SD yg
dibutuhkan
4) Pengarahan
(Controlling):Mengarahakan SD untuk melaksanakan
rencana
5) Pengawasan
Coordinating):Mengendalikan SD, agar tetap pada
jalurnya
a
17. Konsep manakah yang
secara eksplisit mengakui pentingnya arti informasi dalam
manajemen—fungsi-fungsi manajemen atau peranan manajerial?
Jawab :
A. Tahapan-tahapan
pemecahan masalah (problem solving phases).
Pada konsep ini dijelaskan mengenai definisi empat tahapan dasar dalam penyelesaian suatu masalah,dimana konsep ini sudah diakui secara universal (meluas). Konsep ini diungkapkan oleh Herbert A. Simon,ilmuwan manajemen pemenang hadiah Nobel, Dan tahapan – tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
Pada konsep ini dijelaskan mengenai definisi empat tahapan dasar dalam penyelesaian suatu masalah,dimana konsep ini sudah diakui secara universal (meluas). Konsep ini diungkapkan oleh Herbert A. Simon,ilmuwan manajemen pemenang hadiah Nobel, Dan tahapan – tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
a) Aktifitas
inteljen : Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan sebuah solusi didalamnya.
b) Aktifitas
perancangan : Menemukan,mengembangkan serta menganalisa kemungkinan-kemungkinan
yang terjadi dalam setiap tindakan.
c) Aktifitas
pemilihan : Memilih salah satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang
sudah tersedia.
d) Aktifitas
peninjauan : Menilai pilihan-pilihan yang sudah terjadi (masa lalu), sehingga dengan
demikian tidak akan terjadi pengulangan kesalahan pilihan di dalam kesempatan
berikutnya.
B. Sistem
pendukung pengambilan keputusan (Decission Support System)
Konsep ini di cetuskan oleh G.Anthony Gorry dan Michel S,Scott Morton,pada konsep ini sumber informasi sangatlah penting, khususnya dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang terjadi pada sebuah manajemen,sehingga para manajer atau sekelompok kecil manajer akan mendapatkan kemudahan dalam menangani dan memecahkan suatu permasalahan.sehingga diharapkan suatu manajemen tidak mengalami sebuah kegagalan
Konsep ini di cetuskan oleh G.Anthony Gorry dan Michel S,Scott Morton,pada konsep ini sumber informasi sangatlah penting, khususnya dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang terjadi pada sebuah manajemen,sehingga para manajer atau sekelompok kecil manajer akan mendapatkan kemudahan dalam menangani dan memecahkan suatu permasalahan.sehingga diharapkan suatu manajemen tidak mengalami sebuah kegagalan
18. Apa saja empat
tahapan dalam pemecahan masalah, menurut Herbert A. Simon?
Jawab :
a) Aktivitas
Intelijen.
Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi di dalam
lingkungan.
lingkungan.
b) Aktivitas
perancangan.
Menemukan, mengembangkan, dan menganalisis
kemungkinan-kemungkinan tindakan.
kemungkinan-kemungkinan tindakan.
c) Aktivitas
pemilihan.
Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang
tersedia.
tersedia.
d) Akitivitas
peninjauan.
Menilai pilihan-pilihan masa lalu.
19. Jika tren yang berjalan
saat ini terus berlangsung, apa saja empat fitur yang akan terdapat di
komputer-komputer masa depan?
Jawab :
1) Komputer
laptop atau tablet yang mampu menghemat energi. Misalnya, hanya dengan bantuan
sinar matahari, komputer masa depan ini tak perlu lagi melakukan isi ulang
baterai dengan charger.Komputer masa depan juga mungkin akan dilengkapi dengan
berbagai macam bentuk sensor. Sensor tersebut bisa bermacam-macam, sensor panca
indra, atau juga sensor mood pengguna komputer tersebut.
2) Tidak
bisa pula kita lupakan sistem operasi yang jauh lebih cerdas, ringan, dan
efisien serta fleksibel di mana saja. Saat ini sistem operasi Ios4, android
atau windows 7 sudah membuat kita terkagum-kagum. Siapa tahu, dua atau tiga
tahun lagi akan ada sistem operasi yang jauh lebih keren.
3) Serba
efisien dan fleksibel. Komputer masa depan yang ada sekarang mungkin bisa
disatukan dengan perangkat ponsel dan sistem GPS. Tapi siapa tahu komputer masa
depan punya fungsi yang lebih, misalnya sebagai alarm mobil, mengunci pintu
rumah atau kantor secara otomatis, mampu memprediksi situasi alam, dan lain
sebagainya.
Pertanyaan BAB 2
1.
Mengapa diberikan standar untuk pemroses informasi
di dalam model sistem umum perusahaan?
Jawab:
Sebagai
instrumen untuk membandingkan hasil pelaksanaan dan mengendalikan sistem fisik.
2.
Apa saja delapan unsur lingkungan itu?
Jawab:
1) Masyarakat > Konsumen / pemakai
2) Pemasok > Penyedia material, mesin, jasa dan informasi
3) Serikat kerja > Atau organisasi bagi tenaga kerja
terampil
4) Masyarakat keuangan > Terdiri dari lembaga-lembaga yang
berpengaruh pada pendanaan
5) Pemegang saham / pemilik > Pendanaan modal di perusahaan
6) Pemegang saham / pemilik > Cangkupan semua organisasi
yang bergerak dalam bidangnya
7) Pemerintah > Pada tingkat pusat daerah / lokal untuk
peraturan undang-undang
8) Masyarakat global > Atau wilayah geografis setempat
3.
Apa yang menghubungkan perusahaan dengan
lingkungannya?
Jawab:
Perusahaan dihubungkan dengan
elemen-elemen dalam lingkungannya melalui arus sumber daya fisik maupun
konseptual. Perusahaan berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan
mengelola arus sumber daya, termasuk informasi. Penjelasan tentang strategi
keunggulan kompetitif yang paling lengkap berfokus pada arus masuk dari pemasok
dan arus keluar melalui saluran distribusi ke pelanggan.
4.
Apa yang dimaksud dengan marjin? Bagaimana hubungannya dengan keunggulan kompetitif ?
Jawab:
Marjin adalah nilai produk dan jasa
perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi
biayanya. Perusahaan menciptakan nilai dengan melakukan aktivitas, yang
diliputi Porter dengan aktivas nilai (value activities). Keunggulan kompetitif
(competitive advantage) dapat dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan
barang dan jasa dengan harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih
baik dari pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.
5.
Apa saja aktivitas nilai utama dari Porter ? Apa
saja aktivitas-aktivitas nilai pendukungnya ?
Jawab:
Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah
aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar
kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing.
Aktivitas nilai pendukung (support value activities)
menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama
berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran,
departemen akuntansi merupakan contoh unit organisasi yang melaksanakan
aktivitas pendukung.
6. Apa yang dimaksud dengan rantai
nilai itu?
Jawab:
Aktivitas nilai utama dan pendukung diintegrasikan oleh
beberapa penghubung untuk membentuk rantai nilai (value chain) rantai tersebut
dibentuk menyerupai panah, dengan marjin sebagai ujungnya. Aktivitas-aktivitas
utama tampak dilapisan bawah dan mencakup logistik masuk (inbound logistics)
yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu
yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistik keluar (outbond
logistics) yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan
yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pendapatkan pesanan, serta
kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah
penjualan.
7. Apakah yang dimaksud dengan
sistem nilai ?
Jawab:
Sistem nilai adalah perusahaan-perusahaan yang
berpastisipasi bekerja sama sebagai suatu unit tunggal yang terkoordinasi,
menciptakan sinergi yang tidak dapat dicapai dengan bekerja sendiri-sendiri.
Porter memikirkan kaitan tersebut saat ia berfokus pada penggunaan informasi
untuk menciptakan keunggulan kompetitif.
8.
Bagaimana
sebuah perusahaan dapat mencapai keunggulan strategis dari suatu sistem
informasi yang mengolah pesanan penjualan pelanggan?
Jawab:
Pemasaran
memerhatikan mengenai mengenali pelanggan produk atau jasa perusahaan,
menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan, merencanakan dan mengembangkan
produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, dan mengiklankan serta mempromosikan
produk atau jasa ini. Penjualan berkaitan dengan menghubungi pelanggan, menjual
produk dan jasa, mengambil pesanan, dan melanjutkan penjualan. Aktifitas ini
dapat dianggap sebagai proses bisnis. Sistem informasi penjualan dan pemasaran
(sales and marketing informationsistem).
9.
Jelaskan
bagaimana anda akan mendapat keunggulan taktis dengan mengaitkan suatu sistem
pesanan penjualan ke sistem layanan pelanggan?
Jawab:
Spesialisasi informasi (Information specialists) adalah suatu system yang
dibutuhkan oleh karyawan dengan cara ini system
produktivitas akan berkerja lebih efisien.
10. Bagaimana Anda akan merancang suatu sistem
informasi untuk mengambil keuntungan dari peluang-peluang operasional?
Jawab:
1)
Mendefinisikan suatu masalah atau peluang kedalam kontek sistem
2)
Mengumpulkan dan menjabarkan data yang diperoleh dari suatu permasalahan
atau peluang.
3)
Mengidentifikasi solusi alternatif
4)
Mengevaluasi setiap solusi alternatif
5)
Memilih solusi yang terbaik
6)
Mengimplementasikan solusi terpilih
7)
mengevaluasi hasil pengimplementasian solusi yang berhasil
11.
Apa saja
fitur-fitur yang membedakan sebuah perusahaan multinasional(MNC)?
Jawab:
Yang
membedakan suatu MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan
untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang dimiliki perusahaan.
Selain itu MNC merupakan perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar,
bangsa dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak
peusahaan yang tersebar secara geografis dan masing – masing mempunyai tujuan,
kebiasaan dan prosedur tersendiri.
12.
Apa satu
sumber ketidakpastian bagi sebuah MNC?
Jawab:
Sumber
ketidakpastian bagi MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang
diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah
dimiliki oleh organisasi.
13.
Bagaimanan
para eksekutif dari sebuah MNC merespons ketidakpastian?
Jawab:
Para
eksekutif MNC memberikan respon dengan menganalisa informasi yang menyebabkan
ketidak pastian, kemudian dengan pemahaman terhadap informasi tersebut para eksekutif
memproses dan melakukan pengayaan data dan informasi yang kemudian menghasilkan
sebuah keputusan untuk mengatasi ketidakpastian tersebut dalam kata lain
penggunaan secara baik tekhnologi informasi memacu pemberian respon terhadap
ketidakpastian.
14.
Satu kata
apakah yang menjadi kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif bagi sebuah MNC?
Jawab:
Kata
tersebut adalah “KOORDINASI”
15.
Sebutkan
tiga cara bagaimana rintangan budaya dan komunikasi dapat menjadi tantangan
dalam mengembangkan sistem informasi global?
Jawab:
Kendala-kendala Politis
Rintangan Budaya dan Komunikasi
Masalah-masalah Teknologi
Kurangnya Dukungan dari Manajemen Anak
Perusahaan
16.
Sebutkan tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan
tanda bintang disamping jenis sumber daya yang selalu terdapat dalam layanan informasi?
Jawab:
1) Perangkat keras computer
2) Perangkat lunak komputer
3) Spesialis informasi
4) Pemakai
5) Fasilitas
6) Database
7) Informasi
17. Sebutkan empat dimensi informasi yang harus di
pertimbangkan oleh seorang manajer?
Jawab:
1) Relevansi.
2) Akurasi.
3) Ketepatan waktu.
4) Kelengkapan.
18. Apa yang dimaksud dengan manajemen pengetahuan itu?
Jawab:
Manajemen
pengetahuan merupakan proses / kegiatan merencanakan, mengumpulkan dan
mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah
digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber
yang kompeten.
19. Berikan komentar untuk pernyataan berikut ini:
a) Informasi yang dihasilkan oleh pengolah informasi
hendaknya bebas dari kesalahan
b) Suatu pengolah informasi hendaknya memberikan manajer
dengan sebanyak mungkin informasi.
Jawab:
20. Mengapa suatu organisasi seharusnya mengumpulkan data dari
sistem warisannya?
Jawab:
Karena
sekarang pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi lingkungan
merupakan aplikasi computer penting dalam banyak perusahaan diseluruh dunia.
Aplikasi itu dikhususkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing
perusahaan, sehingga tercipta istilah intelejen kompetitif dan bila
didefinisikan secara luas untuk mencakup informasi di semua elemen lingkungan,
istilah yang tepat adalah intelejen bisnis.
21. Bagaimana peningkatan penggunaan situs Web oleh perusahaan
akan meningkatkan pentingnya manajer gambar?
Jawab:
URL
dan nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi
tersebut untuk pemakai WEB adalah FTP.
22. Dapatkah seorang manajer menjadi
seorang CIO, walaupun ia tidak memiliki gelar tersebut? Jelaskan.
Jawab:
Chief information officer (CIO), adalah
manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi
juga berbagi bidang lain dari operasi perusahaan.
Seorang manajer jasa informasi dapat
berperan sebagai chief information officer dengan mengikuti saran-saran berikut
:
1) Sediakan waktu untuk bisnis dan pelatihan bisnis. Pelajari
bisnisnya, bukan hanya teknologinya.
2) Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis dan manajemen
ini ; jangan menunggu hingga diundang.
3) Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis
4) Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah-istilah bisnis
5) Bangun kepercayaan dengan memberikan jasa IS yang dapat
diandalkan
6) Jangan bersifat defensif
23. Apakah gelar dalam bidang administrasi bisnis akan
membantu seorang CIO? Jelaskan.
Jawab:
Iya, dapat. Karena melalui seorang CIO yang memiliki
gelar/kesarjanaan dalam administrasi bisnis maka setidak-tidaknya ia telah
memiliki ilmu/pengetahuan yang mendukung bisnisnya. Hal tersebut merupakan
sumber daya informasi yang dibutuhkan olehnya, dalam hal pertimbangan serta pengambilan
keputusan kerja CIO tersebut dengan pekerjaannya.
24. Apa saja dua unsur dasar yang
seharusnya dimasukkan ke dalam rencana strategis sumber daya informasi ?
Jawab:
Input dan Output
STUDI
KASUS BAB 1
FREEWAY FORD
Hasil
Analisa Untuk Pertanyaan I
Perbedaan
nya adalah data yang di kumpulkan oleh dealer Freeway Ford tidak di sertai
dengan pengolahan data yang baik sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi
dealer karna kurangnya sarana dan informasi tentang sejarah mobil bagi pembeli
yang ingin membeli mobil.
Sedangkan
untuk informasi dari dealer Freeway Ford belum memiliki sistem informasi yang
baik, di karenakan pihak dealer masih membeli mobil bekas yang tidak memiliki
“VIN” atau sejarah tentang mobil tersebut, sehingga menimbulka rasa keraguan
bagi pihak pembeli mobil.
Data
yang seharusnya di terapkan oleh dealer Freeway Ford untuk menghasilkan
informasi yang baik bagi pembeli adalah dengan cara melakukan pengolahan data
yang ada dari setiap data mobil di dealer, contohnya dealer Freeway Ford harus
memiliki VIN dari seluruh mobil yang ada, sehingga dapat memberikan informasi
bagi para pembeli mobil, dan pihak dealer harus memasukan semua data yang telah
di olah ke dalam database dealer sehingga pembeli dapat mengakses dan mendapat
kan informasi dengan mudah dan benar untuk membeli mobil yang di ingin kan.
Hasil
Analisa Untuk Pertanyaan II
Caranya
adalah dealer Freeway Ford harus membuat web khusus yang di dalam nya berisikan
tentang informasi dari profil perusahaan dan informasi database VIN dari setiap
mobil yang di jual di dealer Freeway Ford, sehingga dapat memberikan kemudahan
dan informasi bagi para customer yang ingin membeli mobil dan mengatahui VIN
atau sejarah tentang mobil yang ingin di beli tanpa harus datang ke dealer melainkan
dengan cara serching di komputer atau laptop via internet, sehingga dapat di
lakukan dimana saja dan kapan saja.
Hasil
Analisa Untuk Pertanyaan III
Dengan
cara memberikan penyuluhan terhadap 10 dealer yang terkait pada daeler Freeway
Ford dan langsung menjalan kan sistem yang baru, yang berisikan data yang telah
di olah dalam database dan informasi yang baik agar dapat memberikan kemudahan
bagi kedua belah pihak sehingga dapat menghasilkan laba yang di inginkankan.
STUDI
KASUS BAB 2
SATU HARI TERLAMBAT, DAN RIBUAN DOLAR MERUGI
1. Informasi yang telah saya terima dari konsultan
untuk syarat-syarat di atas adalah konsultan telah meramalkan bahwa:
a) 10 persen pengunjung yang akan membawa binatang
peliharaannya, meskipun hal itu menarik tetapi hal tersebut salah karena tidak
dapat membantu meramalkan penjualan bir.
b) Yang benar seperti usia dana jenis kelamin.
Berusia 21-25 cenderung akan membeli bir yang lebih murah, mereka yang berusia
diatas 25 tahun cenderung membeli bir yang relatif lebih mahal dan para wanita
relatif membeli bir yang cenderung dengan kadar rendah atau meminum bir yang
lebih ringan. Ini benar karna faktor usia juga pempengaruhi pendapatan
seseorang.
c) Kemudian cuaca sebagai alat peramal karna semakin
panas cuaca maka semakin banyak bir yang terjual sehingga peramalan cuaca
biasanya lebih akurat. Ini benar karna keakurat memprediksi cuaca dalam pameran
Wing Thing yang akan sangat mempengaruhi penjualan.
2. Informasi yang akan di kumpulan adalah :
i.
Informasi
jumlah pengunjung, dengan mengetahui infomasi jumlah pengunjung kami dapat
memperkirakan jumlah penjulan bir, bisa dilihat dari faktor usia maupun jenis
kelamin.
ii.
Informasi
mengenai laba, dengan informasi ini sebelumnya sangat berhubungan dengan jumlah
pengunjung dan juga pembelian bir. Dari target pejualan yang lebih maka laba
penjualan bir akan meningkat.
iii.
Informasi
mengenai mutu kerja yang baik. Dengan informasi ini kami bisa memprediksi
bagaimana hasi penjualan dan juga pelayanan kepada para pengujung atau pembeli.
Memberikan kepuasan dalam melakukan transaksi jual beli.
iv.
Informasi
mengenai laporan penjualan, dengan informasi ini bisnis bir tentunya dapat
meningkatkan laba, mutu kerja yang baik juga pelayanan dalam transaksi jual
beli bir di dalam pameran Wing Thing.
0 komentar:
Posting Komentar