Tugas SIM Bab1 dan Bab2

Jumat, 04 Oktober 2013


Pertanyaan BAB 1
1.     Kapan komputer pribadi muncul untuk yang pertama kalinya?
Jawab :
Komputer pribadi muncul pertama kali sejak pertengahan tahun 1950-an

2.    Apakah spesialis informasi itu? Berikan empat contoh.
Jawab :
Spesialis informasi (information specialist) karyawan yang memiliki tanggung jawab penuh dalam pengebangan dan pengoperasian sistem informasi. Contoh: Analis sistem, Pemrogram (programmer), Spesialis jaringan dan Webmaster.

3.    Apa fungsi utama tari CPU dan RAM?
Jawab :
CPU : Mengendalikan seluruh komponen lain
RAM: Bertindak sebagai tempat kerja sementara bagi CPU

4.    Mengapa kecepatan komunikasi sebuah modem kabel berbeda dengan kecepatan sebuah modem tradisional yang tersambung ke jalur telepon?
Jawab :
Dari computer ke computer lain mencapaiSedangkan computer nirkabel kecepatannya mencapai 11 juta bit/ detik (11 Mbps) atau bisA juga mencapai 54 Mbps

5.    Berapakah kecepatan transmisi data yang dapat Anda harapkan untuk komunikasi langsung komputer-ke-komputer? Berapakah kecepatan transmisi yang umumnya Anda temukan untuk komunikasi komputer nirkabel?
Jawab :
untuk modem yang tersambung ke jalur telepon dengan kecepatan 56.000 bit/detik(56 kbps),sedangkan untuk jaringan nirkabel biasanya 54 kbps – 110 kbps

6.    Apakah komputer merupakan sebuah sistem virtual, sistem fisik, atau keduanya? Jelaskan.
Jawab :
Keduannya, karena Komputer adalah sebuah fisik yang bisa sistem konseptual dimana sistem itu bisa membantu untuk mendapatkan informasi untuk menghasilkan suatu keputusan.

7.    Dalam hal apakah sebuah computer merupakan suatu sistem yang terbuka?
Jawab:
dalam hal pengaksesan informasi dengan komputer yang terhubung ke jaringan internet sebagai user dapat mengupload dan mendownload sebagai macam data dan informasi

8.    Apakah sistem pemrosesan transaksi menghasilkan informasi atau data? Jelaskan.
Jawab:
informasi data adalah masukan yang mengalami suatu pemprosesan dan diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan informasi adalah data hasil pemprosesan yang memiliki makna.

9.    Dimanakah lokasi para pengguna sistem pemrosesan transaksi di dalam organisasi. Apakah mereka berada di atas, tingkat menengah, atau di bawah?
Jawab:
Penggunaan sistem informasi (SI) dan teknologi informasi (TI) oleh usaha kecil menengah (UKM) menjangkau institusi yang berada jauh di luar organisasi.

10.  Bedakanlah antara laporan berkala dan laporan khusus?
Jawab:
Laporan  berkala atau periodik di laksanakan secara tetap dan teratur dalam waktu tertentu, misalnya setiap minggu, setiap bulan, setiap caturwulan. Sedangkan laporan khusus memberikan gambaran secara rinci mengenai segi khusus, kekhususan ini dibedakan atas periode, wilayah atau sasaran yang di laporkan.

11.  Bagaimana cara sistem produktivitas pribadi membuat seorang manajer menjadi lebih efisien?
Jawab :
Dengan system produktifitas pribadi, menejer dapat melakukan pengelolaan sendiri atas sebagian tugas- tugas administratif, hal ini menghilangkan gangguan – gangguan yang tidak perlu pada komunikasi antara meneger dan pihak lain. Misalnya saja, menejer dapat dengan cepat berkomunikasi melalui email dan daftar distribusi dari pada mendiktek sebuah memo, meminta orang lain mengetiknya, memeriksa kesalahan memo tersebut dan mengirimkan memo tersebut kepihak lain.

12.  Dimanakah letak perbedaan fokus suatu DSS dari SIM?
Jawab :
DSS mengambil pendekatan jarak jauh dalam memecahkan masalah, sedangkan SIM mengambil pendekatan jarak dekat dengan memberikan informasi bagi sekelompok besar pencari pemecahan masalah dalam memecahkan rentang masalah yang luas.

13.  Mengapa sistem pendukung keputusan kelompok penting artinya?
Jawab :
Fakta yang terjadi, menejer jarang memecahkan masalah sendirian, berbagai komite, tim proyek dan satuan tugas merupaka contoh pendekatan kelompok terhadap pemecahan masalah. Asumsinya, komunikasi yang baik dalam kelompok ini tentunya akan menghasilkan keputusan yang baik juga. GDSS (Group decision support system ) membantu pemecahan masalah dengan cara menyediakan lokasi yang kondusif untuk komunikasi antar individu dalam kelompok. 

14.  Mengapa perencanaan memiliki kemungkinan lebih besar terjadi pada tingkat manajemen yang lebih tinggi dan pengendalian kemungkinan terjadi pada tingkat manajemen yang lebih rendah? Apakah hal ini mempengaruhi jenis sistem informasi yang dibuat untuk berbagai tingkatan manajemen?
Jawab :
Keputusan dalam perencanaan strategis memiliki dampak pada keseluruhan organisasi selama bertahun-tahun kemudian. Untuk itu tentunya keputusan ini harus di buat oleh menejemen yang lebih tinggi yang membawahi menejer-menejer di tingkat yang lebih rendah. Menejer pada tingkat yang lebih rendah memiliki tanggung jawab untuk menjalankan rencana, memastikan tercapainya tujuan perusahaan dan menyelesaikan rencana yang ditentukan oleh menejer di tingkat yang lebih tinggi, setiap tingkatan menejemen memiliki kebutuhan yang berbeda akan sumber informasi dan bentuk penyajian informasi. Hal ini mempengaruhi jenis system informasi yang dibuat karna system tersebut akan mempengaruhi sumber informasi dan penyajian informasi.

15.  Mengapa perusahaan khususnya tertarik pada sistem-sistem perencanaan sumber daya usaha di akhir tahun 1990? Apakah ketertarikan-ketertarikan itu masih valid?
Jawab :
Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah masalah Y2K kesulitan dalam mendapatkan system yang meliputi keseluruhan usaha, membanjirnya aktivitas penggabungan usaha korporasi dan strategi kompetitif “meniru pimpinan”. Namun yang menjadi kekuatan pendorong implimintasi piranti lunak perencanaan sumber daya perusahaan adalah Y2K, terbukti dengan terjadinya penurunan tingkat pertumbuhan penjualan di tahun 1999. Sehingga ketertarikan pada system perencanaan sumber daya usaha sepertinya tidak valid lagi. Di tambah lagi system perencanaan sumber daya usaha membutuhkan komitmen keuangan yang sangat besar dari suatu perusahaan.

16.  Sebutkan lima fungsi manajemen utama seperti yang diuraikan oleh Henri Fayol.
Jawab :
1)    Perencanaan (Planning) :Merencakan apa yang akan dilakukan
2)   Pengorganisasian (Organizing):Berorganisasi untuk menjalankan rencana
3)   Personalia (Staffing):Mengisi organisasi dengan SD yg dibutuhkan
4)   Pengarahan (Controlling):Mengarahakan SD untuk melaksanakan rencana
5)   Pengawasan Coordinating):Mengendalikan SD, agar tetap pada jalurnya
a
17.  Konsep manakah yang secara eksplisit mengakui pentingnya arti informasi dalam manajemen—fungsi-fungsi manajemen atau peranan manajerial?
Jawab :
A.   Tahapan-tahapan pemecahan masalah (problem solving phases).
Pada konsep ini dijelaskan mengenai definisi empat tahapan dasar dalam penyelesaian suatu masalah,dimana konsep ini sudah diakui secara universal (meluas). Konsep ini diungkapkan oleh Herbert A. Simon,ilmuwan manajemen pemenang hadiah Nobel, Dan tahapan – tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
a)    Aktifitas inteljen : Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan sebuah solusi didalamnya.
b)   Aktifitas perancangan : Menemukan,mengembangkan serta menganalisa kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam setiap tindakan.
c)    Aktifitas pemilihan : Memilih salah satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang sudah tersedia.
d)   Aktifitas peninjauan : Menilai pilihan-pilihan yang sudah terjadi (masa lalu), sehingga dengan demikian tidak akan terjadi pengulangan kesalahan pilihan di dalam kesempatan berikutnya.
B.    Sistem pendukung pengambilan keputusan (Decission Support System)
Konsep ini di cetuskan oleh G.Anthony Gorry dan Michel S,Scott Morton,pada konsep ini sumber informasi sangatlah penting, khususnya dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang terjadi pada sebuah manajemen,sehingga para manajer atau sekelompok kecil manajer akan mendapatkan kemudahan dalam menangani dan memecahkan suatu permasalahan.sehingga diharapkan suatu manajemen tidak mengalami sebuah kegagalan

18.  Apa saja empat tahapan dalam pemecahan masalah, menurut Herbert A. Simon?
Jawab :

a)    Aktivitas Intelijen.
Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi di dalam 
lingkungan.
b)   Aktivitas perancangan.
Menemukan, mengembangkan, dan menganalisis
kemungkinan-kemungkinan tindakan.
c)    Aktivitas pemilihan.
Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang
tersedia.
d)   Akitivitas peninjauan.
Menilai pilihan-pilihan masa lalu.

19.  Jika tren yang berjalan saat ini terus berlangsung, apa saja empat fitur yang akan terdapat di komputer-komputer masa depan?
Jawab :
1)    Komputer laptop atau tablet yang mampu menghemat energi. Misalnya, hanya dengan bantuan sinar matahari, komputer masa depan ini tak perlu lagi melakukan isi ulang baterai dengan charger.Komputer masa depan juga mungkin akan dilengkapi dengan berbagai macam bentuk sensor. Sensor tersebut bisa bermacam-macam, sensor panca indra, atau juga sensor mood pengguna komputer tersebut.
2)   Tidak bisa pula kita lupakan sistem operasi yang jauh lebih cerdas, ringan, dan efisien serta fleksibel di mana saja. Saat ini sistem operasi Ios4, android atau windows 7 sudah membuat kita terkagum-kagum. Siapa tahu, dua atau tiga tahun lagi akan ada sistem operasi yang jauh lebih keren.
3)   Serba efisien dan fleksibel. Komputer masa depan yang ada sekarang mungkin bisa disatukan dengan perangkat ponsel dan sistem GPS. Tapi siapa tahu komputer masa depan punya fungsi yang lebih, misalnya sebagai alarm mobil, mengunci pintu rumah atau kantor secara otomatis, mampu memprediksi situasi alam, dan lain sebagainya.

Pertanyaan BAB 2

1.      Mengapa diberikan standar untuk pemroses informasi di dalam model sistem umum perusahaan?
Jawab:
Sebagai instrumen untuk membandingkan hasil pelaksanaan dan mengendalikan sistem fisik.

2.     Apa saja delapan unsur lingkungan itu?
Jawab:
1)    Masyarakat > Konsumen / pemakai
2)   Pemasok > Penyedia material, mesin, jasa dan informasi
3)   Serikat kerja > Atau organisasi bagi tenaga kerja terampil
4)   Masyarakat keuangan > Terdiri dari lembaga-lembaga yang berpengaruh pada pendanaan
5)   Pemegang saham / pemilik > Pendanaan modal di perusahaan
6)   Pemegang saham / pemilik > Cangkupan semua organisasi yang bergerak dalam bidangnya
7)   Pemerintah > Pada tingkat pusat daerah / lokal untuk peraturan undang-undang
8)   Masyarakat global > Atau wilayah geografis setempat

3.     Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya?
Jawab:
Perusahaan dihubungkan dengan elemen-elemen dalam lingkungannya melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual. Perusahaan berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengelola arus sumber daya, termasuk informasi. Penjelasan tentang strategi keunggulan kompetitif yang paling lengkap berfokus pada arus masuk dari pemasok dan arus keluar melalui saluran distribusi ke pelanggan.

4.     Apa yang dimaksud dengan marjin? Bagaimana  hubungannya dengan keunggulan kompetitif ?
Jawab:
Marjin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biayanya. Perusahaan menciptakan nilai dengan melakukan aktivitas, yang diliputi Porter dengan aktivas nilai (value activities). Keunggulan kompetitif (competitive advantage) dapat dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.

5.     Apa saja aktivitas nilai utama dari Porter ? Apa saja aktivitas-aktivitas nilai pendukungnya ?
Jawab:
Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing.
Aktivitas nilai pendukung (support value activities) menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran, departemen akuntansi merupakan contoh unit organisasi yang melaksanakan aktivitas pendukung.

6.     Apa yang dimaksud dengan rantai nilai itu?
Jawab:
Aktivitas nilai utama dan pendukung diintegrasikan oleh beberapa penghubung untuk membentuk rantai nilai (value chain) rantai tersebut dibentuk menyerupai panah, dengan marjin sebagai ujungnya. Aktivitas-aktivitas utama tampak dilapisan bawah dan mencakup logistik masuk (inbound logistics) yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistik keluar (outbond logistics) yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pendapatkan pesanan, serta kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan.

7.     Apakah yang dimaksud dengan sistem nilai ?
Jawab:
Sistem nilai adalah perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi bekerja sama sebagai suatu unit tunggal yang terkoordinasi, menciptakan sinergi yang tidak dapat dicapai dengan bekerja sendiri-sendiri. Porter memikirkan kaitan tersebut saat ia berfokus pada penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

8.     Bagaimana sebuah perusahaan dapat mencapai keunggulan strategis dari suatu sistem informasi yang mengolah pesanan penjualan pelanggan?
Jawab:
Pemasaran memerhatikan mengenai mengenali pelanggan produk atau jasa perusahaan, menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan, merencanakan dan mengembangkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, dan mengiklankan serta mempromosikan produk atau jasa ini. Penjualan berkaitan dengan menghubungi pelanggan, menjual produk dan jasa, mengambil pesanan, dan melanjutkan penjualan. Aktifitas ini dapat dianggap sebagai proses bisnis. Sistem informasi penjualan dan pemasaran (sales and marketing informationsistem).

9.     Jelaskan bagaimana anda akan mendapat keunggulan taktis dengan mengaitkan suatu sistem pesanan penjualan ke sistem layanan pelanggan?
Jawab:
Spesialisasi informasi (Information specialists) adalah suatu system yang dibutuhkan oleh karyawan dengan cara ini system produktivitas akan berkerja lebih efisien.

10.   Bagaimana Anda akan merancang suatu sistem informasi untuk mengambil keuntungan dari peluang-peluang operasional?
Jawab:
1)    Mendefinisikan suatu masalah atau peluang kedalam kontek sistem
2)   Mengumpulkan dan menjabarkan data yang diperoleh dari suatu permasalahan atau peluang.
3)   Mengidentifikasi solusi alternatif
4)   Mengevaluasi setiap solusi alternatif
5)   Memilih solusi yang terbaik
6)   Mengimplementasikan solusi terpilih
7)   mengevaluasi hasil pengimplementasian solusi yang berhasil

11.    Apa saja fitur-fitur yang membedakan sebuah perusahaan multinasional(MNC)?
Jawab:
Yang membedakan suatu MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang dimiliki perusahaan. Selain itu MNC merupakan perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, bangsa dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak peusahaan yang tersebar secara geografis dan masing – masing mempunyai tujuan, kebiasaan dan prosedur tersendiri.

12.   Apa satu sumber ketidakpastian bagi sebuah MNC?
Jawab:
Sumber ketidakpastian bagi MNC adalah perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh organisasi.

13.   Bagaimanan para eksekutif dari sebuah MNC merespons ketidakpastian?
Jawab:
Para eksekutif MNC memberikan respon dengan menganalisa informasi yang menyebabkan ketidak pastian, kemudian dengan pemahaman terhadap informasi tersebut para eksekutif memproses dan melakukan pengayaan data dan informasi yang kemudian menghasilkan sebuah keputusan untuk mengatasi ketidakpastian tersebut dalam kata lain penggunaan secara baik tekhnologi informasi memacu pemberian respon terhadap ketidakpastian.

14.   Satu kata apakah yang menjadi kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif bagi sebuah MNC?
Jawab:
Kata tersebut adalah “KOORDINASI”

15.   Sebutkan tiga cara bagaimana rintangan budaya dan komunikasi dapat menjadi tantangan dalam mengembangkan sistem informasi global?
Jawab:
Kendala-kendala Politis
Rintangan Budaya dan Komunikasi
Masalah-masalah Teknologi
Kurangnya Dukungan dari Manajemen Anak Perusahaan

16.   Sebutkan tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang disamping jenis sumber daya yang selalu terdapat dalam layanan informasi?
Jawab:
1)    Perangkat keras computer
2)   Perangkat lunak komputer
3)   Spesialis informasi
4)   Pemakai
5)   Fasilitas
6)   Database
7)   Informasi

17.   Sebutkan empat dimensi informasi yang harus di pertimbangkan oleh seorang manajer?
Jawab:
1)    Relevansi.
2)   Akurasi.
3)   Ketepatan waktu.
4)   Kelengkapan.

18.   Apa yang dimaksud dengan manajemen pengetahuan itu?
Jawab:
Manajemen pengetahuan merupakan proses / kegiatan merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber yang kompeten.

19.   Berikan komentar untuk pernyataan berikut ini:
a)    Informasi yang dihasilkan oleh pengolah informasi hendaknya bebas dari kesalahan
b)   Suatu pengolah informasi hendaknya memberikan manajer dengan sebanyak mungkin informasi.
Jawab:

20.  Mengapa suatu organisasi seharusnya mengumpulkan data dari sistem warisannya?
Jawab:
Karena sekarang pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi lingkungan merupakan aplikasi computer penting dalam banyak perusahaan diseluruh dunia. Aplikasi itu dikhususkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing perusahaan, sehingga tercipta istilah intelejen kompetitif dan bila didefinisikan secara luas untuk mencakup informasi di semua elemen lingkungan, istilah yang tepat adalah intelejen bisnis.

21.   Bagaimana peningkatan penggunaan situs Web oleh perusahaan akan meningkatkan pentingnya manajer gambar?
Jawab:
URL dan nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi tersebut untuk pemakai WEB adalah FTP.

22.  Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO, walaupun ia tidak memiliki gelar tersebut? Jelaskan.
Jawab:
Chief information officer (CIO), adalah manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagi bidang lain dari operasi perusahaan.
Seorang manajer jasa informasi dapat berperan sebagai chief information officer dengan mengikuti saran-saran berikut :
1)    Sediakan waktu untuk bisnis dan pelatihan bisnis. Pelajari bisnisnya, bukan hanya teknologinya.
2)   Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis dan manajemen ini ; jangan menunggu hingga diundang.
3)   Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis
4)   Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah-istilah bisnis
5)   Bangun kepercayaan dengan memberikan jasa IS yang dapat diandalkan
6)   Jangan bersifat defensif

23.  Apakah gelar dalam bidang administrasi bisnis akan membantu seorang CIO? Jelaskan.
Jawab:
Iya, dapat. Karena melalui seorang CIO yang memiliki gelar/kesarjanaan dalam administrasi bisnis maka setidak-tidaknya ia telah memiliki ilmu/pengetahuan yang mendukung bisnisnya. Hal tersebut merupakan sumber daya informasi yang dibutuhkan olehnya, dalam hal pertimbangan serta pengambilan keputusan kerja CIO tersebut dengan pekerjaannya.

24.  Apa saja dua unsur dasar yang seharusnya dimasukkan ke dalam rencana strategis sumber daya informasi ?
Jawab:
Input dan Output

STUDI KASUS BAB 1

FREEWAY FORD

Hasil Analisa Untuk Pertanyaan I
Perbedaan nya adalah data yang di kumpulkan oleh dealer Freeway Ford tidak di sertai dengan pengolahan data yang baik sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi dealer karna kurangnya sarana dan informasi tentang sejarah mobil bagi pembeli yang ingin membeli mobil.
Sedangkan untuk informasi dari dealer Freeway Ford belum memiliki sistem informasi yang baik, di karenakan pihak dealer masih membeli mobil bekas yang tidak memiliki “VIN” atau sejarah tentang mobil tersebut, sehingga menimbulka rasa keraguan bagi pihak pembeli mobil.
Data yang seharusnya di terapkan oleh dealer Freeway Ford untuk menghasilkan informasi yang baik bagi pembeli adalah dengan cara melakukan pengolahan data yang ada dari setiap data mobil di dealer, contohnya dealer Freeway Ford harus memiliki VIN dari seluruh mobil yang ada, sehingga dapat memberikan informasi bagi para pembeli mobil, dan pihak dealer harus memasukan semua data yang telah di olah ke dalam database dealer sehingga pembeli dapat mengakses dan mendapat kan informasi dengan mudah dan benar untuk membeli mobil yang di ingin kan.

Hasil Analisa Untuk Pertanyaan II
Caranya adalah dealer Freeway Ford harus membuat web khusus yang di dalam nya berisikan tentang informasi dari profil perusahaan dan informasi database VIN dari setiap mobil yang di jual di dealer Freeway Ford, sehingga dapat memberikan kemudahan dan informasi bagi para customer yang ingin membeli mobil dan mengatahui VIN atau sejarah tentang mobil yang ingin di beli tanpa harus datang ke dealer melainkan dengan cara serching di komputer atau laptop via internet, sehingga dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja.

Hasil Analisa Untuk Pertanyaan III
Dengan cara memberikan penyuluhan terhadap 10 dealer yang terkait pada daeler Freeway Ford dan langsung menjalan kan sistem yang baru, yang berisikan data yang telah di olah dalam database dan informasi yang baik agar dapat memberikan kemudahan bagi kedua belah pihak sehingga dapat menghasilkan laba yang di inginkankan.



STUDI KASUS BAB 2

SATU HARI TERLAMBAT, DAN RIBUAN DOLAR MERUGI

1.      Informasi yang telah saya terima dari konsultan untuk syarat-syarat di atas adalah konsultan telah meramalkan bahwa:
a)    10 persen pengunjung yang akan membawa binatang peliharaannya, meskipun hal itu menarik tetapi hal tersebut salah karena tidak dapat membantu meramalkan penjualan bir.
b)   Yang benar seperti usia dana jenis kelamin. Berusia 21-25 cenderung akan membeli bir yang lebih murah, mereka yang berusia diatas 25 tahun cenderung membeli bir yang relatif lebih mahal dan para wanita relatif membeli bir yang cenderung dengan kadar rendah atau meminum bir yang lebih ringan. Ini benar karna faktor usia juga pempengaruhi pendapatan seseorang.
c)    Kemudian cuaca sebagai alat peramal karna semakin panas cuaca maka semakin banyak bir yang terjual sehingga peramalan cuaca biasanya lebih akurat. Ini benar karna keakurat memprediksi cuaca dalam pameran Wing Thing yang akan sangat mempengaruhi penjualan.
2.     Informasi yang akan di kumpulan adalah :
               i.        Informasi jumlah pengunjung, dengan mengetahui infomasi jumlah pengunjung kami dapat memperkirakan jumlah penjulan bir, bisa dilihat dari faktor usia maupun jenis kelamin.
              ii.        Informasi mengenai laba, dengan informasi ini sebelumnya sangat berhubungan dengan jumlah pengunjung dan juga pembelian bir. Dari target pejualan yang lebih maka laba penjualan bir akan meningkat.
            iii.        Informasi mengenai mutu kerja yang baik. Dengan informasi ini kami bisa memprediksi bagaimana hasi penjualan dan juga pelayanan kepada para pengujung atau pembeli. Memberikan kepuasan dalam melakukan transaksi jual beli.
             iv.        Informasi mengenai laporan penjualan, dengan informasi ini bisnis bir tentunya dapat meningkatkan laba, mutu kerja yang baik juga pelayanan dalam transaksi jual beli bir di dalam pameran Wing Thing.

0 komentar: